Program Studi (S1) Fisioterapi merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan, Sains, dan Teknologi (FIKST) Universitas Dhyana Pura (Undhira) Bali. Berdasarkan dengan KKNI level 6, Fisioterapi merupakan program studi dengan penjenjangan Strata 1. Fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan dimana mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak serta fungsi gerak tubuh dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan fisioterapi, pelatihan fungsi, serta komunikasi.

 

PROGRAM STUDI FISIOTERAPI UNDHIRA

Visi

Menjadikan Program Studi Fisioterapi yang unggul dengan membentuk lulusan yang utuh dalam bidang akademik, berkarakter serta ahli dalam kebugaran fisik.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang unggul dalam bidang akademis dan profesi yang unggul untuk menghasilkan kompetensi lulusan yang memiliki ciri khas dalam bidang kebugaran.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pelayanan fisioterapi yang mendukung pengembangan pendidikan fisioterapi dalam bidang ilmu fisioterapi dan pendidikan profesi Fisioterapi di Indonesia dengan keunggulan pada fisioterapi di bidang kebugaran fisik
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam lingkup pelayanan Fisioterapi yang melibatkan dosen dan mahasiswa
  4. Meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga terbentuk jati diri manusia yang sesungguhnya

 

Strategi Pencapaian Standar Pelaksanaan Proses Pembelajaran Program Studi Fisioterapi adalah:

  1. Melibatkan secara aktif unit kerja terkait dalam perancangan, penyusunan, dan penetapan Standar Pelaksanaan Proses Pembelajaran di tingkat program studi.
  2. Melakukan sosialisasi Standar Pelaksanaan Proses Pembelajaran kepada para pemangku kepentingan, seperti pejabat struktural di lingkungan program studi, para dosen, serta staf administrasi akademik program studi secara periodik.
  3. Menyelenggarakan pertemuan dalam bentuk lokakarya, pelatihan, seminar mengenai pelaksanaan proses pembelajaran kepada para dosen dan penanggung jawab mata kuliah di tingkat program studi.
  4. Ketua program studi berkoordonasi dengan manajemen ruang dalam perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring pelaksanaan proses pembelajaran yang tertib.
  5. Dosen berkoordinasi dengan manajemen ruang dalam penggunaan kelas di luar jadwal yang ditetapkan.

 

Standar kompetensi lulusan Program Studi Fisioterapi Universitas Dhyana Pura pada aspek keterampilan umum sebagai berikut:

1.        mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai yang sesuai dengan bidang keahliannya

2.        Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

3.        mampu mengkaji implikasi pengembangan   atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan  kaidah,  tata  cara  dan  etika ilmiah dalam rangka menghasilkan  solusi,  gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

4.        Mampu menyusun deskripsi saintifik  hasil kajian  tersebut  di  atas  dalam  bentuk  skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman PT

5.        mampu mengambil keputusan secara  tepat dalam konteks penyelesaian  masalah di bidang keahliannya, berdasar-kan hasil analisis informasi dan data

6.        mampu memelihara dan mengembangkan  jaringan  kerja dengan  pembimbing,  kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

7.        mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi  terhadap  penyelesaian  pekerjaan  yang  ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

8.        mampu  melakukan  proses  evaluasi  diri  terhadap  kelompok  kerja  yang  berada  di  bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

9.        mampu mendokumentasikan,  menyimpan, mengamankan, dan  menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

Standar kompetensi lulusan Program Studi Fisioterapi Universitas Dhyana Pura pada aspek keterampilan khusus adalah:

1.        Mampu melakukan interview, observasi, tes Fisioterapi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip diagnose Fisioterapi dan Kode Etik Fisioterapi Indonesia

2.        Mampu melakukan prosedur asesmen behavioral (observasi & wawancara), administrasi tes Fisioterapi, dan skoring tes Fisioterapi yang dipakai di lapangan kerja serta diperbolehkan sesuai Kode Etik Fisioterapi Indonesia

3.        Mampu mengembangkan instrumen pengukuran Fisioterapi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik

4.        Mampu mengembangkan instrumen pengukuran Fisioterapik berdasarkan teori/konstrak Fisioterapi dan berlandaskan kaidah teori tes klasik

5.        Mampu mengembangkan tes prestasi hasil belajar yang sahih dan berlandaskan kaidah teori tes klasik

6.        Mampu menganalisis persoalan Fisioterapis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada

7.        Mampu menganalisis persoalan Fisioterapis anak berkebutuhan khusus dan menyajikan alternatif pemecahan masalah berdasarkan teori, hasil riset, dan perencanaan pembelajaran individual

8.        Mampu menganalisis persoalan Fisioterapis non-klinis dan persoalan perilaku khususnya di bidang kepariwisataan dan menyajikan alternatif pemecahan masalah berdasarkan teori atau hasil riset sebelumnya

9.        Mampu melakukan intervensi Fisioterapi dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam Fisioterapi dan Kode Etik Fisioterapi Indonesia

10.    Mampu melakukan rapport dan membangun hubungan profesional yang efektif serta membangun hubungan interpersonal yang sehat

11.    Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif, dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggungjawab

12.    Mampu menulis dan menghasilkan karya ilmiah dengan pengembangan paragraf dan standar sitasi yang sesuai dengan pedoman penulisan standar APA

13.    Mampu menampilkan presentasi secara efektif dan memiliki sikap ilmiah

14.    Mampu mengakses artikel jurnal ilmiah dan buku melalui Internet dan menggunakannya di suatu karya tulis tanpa melakukan plagiasi atau kliping ilmiah

15.    Mampu melakukan penelitian Fisioterapi dengan metodologi penelitian kuantitatif (minimal dengan analisis statistika deskriptif atau inferensial bivariate, serta non-parametrik untuk observed variable), dan dengan metodologi penelitian kualitatif generik

16.    Mampu melakukan penelitian Fisioterapi dengan pendekatan kuantitatif mulai dari analisis statistika deskriptif, inferensial bivariate, dan/atau non-parametrik

17.    Mampu melakukan penelitian Fisioterapi dengan pendekatan kualitatif berupa studi kasus atau life-history

18.    Mampu melakukan penelitian Fisioterapi dengan pendekatan eksperimen sederhana

19.    Mampu melakukan penelitian Fisioterapi pariwisata yang meneliti fenomena perilaku manusia dalam hubungannya dengan dunia/industri pariwisata

20.    Mampu merencanakan dan mengembangkan karier dan pengembangan dirinya sendiri (career and personal Development)

21.    Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Fisioterapi Indonesia

 

KOMPETENSI PENDUKUNG

  1. Mempunyai pengetahuan di bidang kesehatan yang berhubungan dengan fisioterapi.
  2. Mempunyai kemampuan daya analisis kuantitatif maupun kualitatif
  3. Mempunyai keahlian di bidang fisioterapi fisiologi, pediatric, geriatric, musculoskeletal, neuromuscular, integumentary, kebugaran fisik, kesehatan wanita, kardiovaskulopulmonal, dan ergonomic.

 

 

PROGRAM PILIHAN

  1. Program regular (Lulusan SMA-IPA ; SMK KESEHATAN)
  2. Program Alih Jenjang, Konversi dari Diploma Fisioterapi

 

FASILITAS

  1. Ruang Kuliah dilengkapi dengan LCD dan AC
  2. Ruang Serba Guna (AULA, KONFERENSI)
  3. Laboratorium Fisioterapi (Lab. Terapi Latihan, Lab. Elektro Fisis, Lab. Muskuloskeletal, dan Lab. Pediatri)
  4. Laboratorium Komputer
  5. Laboratorium Bahasa
  6. Perpustakaan
  7. Wifi

 

PERSYARATAN

  1. Lulusan SMA-IPA; SMK KESEHATAN menyerahkan fotocopy Ijazah dan transkrip nilai.
  2. Program Alih Jenjang menyerahkan fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.
  3. Pas Foto terbaru 3 x 4 sebanyak 3 buah (berwarna)
  4. Membayar biaya pendaftaran
  5. Tes penerimaan mahasiswa meliputi tes tulis dan interview

 

PROSPEK KERJA

  1. Menjadi Fisioterapi di pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik fisioterapi
  2. Membuka praktek fisioterapi secara mandiri
  3. Sebagai peneliti di bidang Fisioterapi
  4. Pelayanan kesehatan pemerintah/swasta
  5. Pendidik/tenaga edukasi
  6. Instruktur kebugaran fisik

 

Nama Dosen Tetap Fisioterapi

  1. Antonius Tri Wahyudi, S.Pd., M. Erg
  2. I Gede Arya Sena, M. Kes
  3. Indah Pramita, S.St.Ft.,M.Fis
  4. Agung Wahyu Permadi, S.St.Ft., M.Fis
  5. I Putu Darma Wijaya, S.Si., M.Si
  6. Agustina Santi, M.Sc.,Sp.A
  7. Donny Susanto, M.Kes
  8. Imam Antariksa, S.pO.T

 

Staff Administrasi dan Laboratorium

  1. I Gede Mediastama Setiyasa Soekaratha, S.Ft

 

INFORMASI PROGRAM DAN PENDAFTARAN

JL PADANG LUWIH, TEGALJAYA, DALUNG, KUTA UTARA (80361), BADUNG BALI, INDONESIA

TELP : (0361) 426 450/1, FAX : 90361 426 452

WEBSITE : www.undhirabali.ac.id

EMAIL : undhirabali@undhirabali.ac.id